Putusan Majelis Hakim Dianggap Tak Proporsional dan diluar Akal sehat Penggugat Ajukan Banding


Tual.SDL.04/04/2013. Terpicu oleh putusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tual yang dianggap sangat jauh dari nilai-nilai keadilan dan kompetensi hukum,Penggugat dalam perkara perdata No.08/PDT.G/2012/PN.TL mengajukan banding.
“Kami tak mendapatkan keadilan sebagaimana yang telah kami tuntut,karena putusan Majelis Hakim PN Tual jelas jauh dari apa yang kami mohonkan dan bahkan terbaca sangat jauh dari nilai nilai esensi gugatan ,olehnya dengan keyakinan penuh maka kami lakukan banding atas putusan Mejelis hakim PN Tual” kata Abas Renel ,salah satu pihak penggugat dalam perkara ini.
Sebagai mana diketahui,sebelumnya telah terjadi perkara gugatan perdata terhadap kewenangan sejumlah perangkat desa di ohoi renfan atas sebidang tanah yang disebut Ngan Renel dan atau tanah ohoi Renel.yang berlokasi di desa Renfan,Kec kei Besar Utara Timur,Kab Maluku Tenggara.
Gugatan ini dijelaskan oleh Abas,timbul lantaran terjadinya aksi pemerkosaan hak hak ulayat adat Warga Adat Renel oleh sejumlah oknum perangkat desa Ranfan ,sehingga dengan aksi pemerkosaan terhadap hak hak ulayat adat ini maka marga besar Renel sebagai pemilik hak mutlak atas sebidang lahan dimaksud mengalami kerugian yang besar,baik kerugian secara materi dan juga kerugian secara imateri .
“Bukan baru sekarang,kami keluarga besar Renel sudah berperkara sebanyak 3 kali ini,akan tetapi kami belum juga menemukan keadilan hakiki sesuai dengan hak yang kami miliki secara turun temurun dari leluhur”kata Abas.
“di Renfaan itu,hak hak kami diperkosa dan diinjak injak dengan sangat dzalim,berpuluh tahun sudah,orang yang baru datang dan berdiam di Renfan namun hari ini berani mengklaim bahwa mereka adalah tuan tanah,ini kan jelas perampokan adat namanya”kata Abas.
Ditambahkan juga,bahwa terkait putusan majelis hakim yang jelas tak masuk akal sehat ini,abas dan keluarga besarnya bertekad dengan keyakinan penuh untuk tetap memperjuangkan hak hak marga besarnya dengan tekap yang bulat,”Kita sudah bulat,dan putusan majelis hakim yang tidak masuk akal sehat ini jelas akan kami lawan”tandasnya.
Terkait putusan yang dianggap penggugat jauh dari nilai nilai keadilan ini,masih belum jelas tanggapan dari Humas Pengadilan Negeri Tual atau bahkan ketua majelis Hakim yang memeriksa perkara dimaksud.(bm)
neraca keadilan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s