65% Kemungkinan Pemilu Bupati Malra DiTunda


Komisioner Bawaslu Propinsi Maluku

Komisioner Bawaslu Propinsi Maluku

Tual.SDL.12/04/2013. Kekacauan proses Pemilu Bupati Maluku Tenggara akibat tersumbatnya anggaran pengawasan yang seharusnya mengalir ke Panitia Pengawas Pemilihan Umum Maluku Tenggara,semakin menjadi.
Pasalnya,dengan belum terealisasinya anggaran Panwaslu Malra hingga hari ini disinyalir telah mengancam kelancaran proses Pemilu Bupati Malra,”Memang Panwas Kab Malra telah menyurati Bawaslu Propinsi soal kendala operasional pengawasan yang tersumbat akibat belum ada dukungan dana,bahkan Panwas meminta agar Pemilu Bupati Malra ditunda,dan hal ini telah kami koordinasikan ke Kemendari untuk kemudian dilakukan langkah selanjutnya”Jelas Lusi Peilouw,Komisioner Bawaslu Propinsi Maluku disela sela acara Bintek Pengawasan Panitia Pengawas Pemilu Walikota Tual di Resto Pelangi,(jumat 12/04).
Sementara Ketua Panwas Malra ,Max leftew ,saat dikonfirmasi melalui telepon seluler mengakui hal yang sama,”Kita masih menunggu,padahal pentahapan Pemilu Bupati Malra sudah semakin jauh,sementara dana belum juga cair”katanya.
“Kami kembali diminta untuk merevisi anggaran,menjadi 3 milyar,untuk kelanjutanya masih belum ada kepastian”imbuh leftew.
Sementara menurut Ny.Peilouw,dengan kondisi Panwaslu Maluku Tenggara yang tak dapat menjalankan tugas fungsi pengawasan itu lantaran terkendala dana,maka keabsahan hasil Pemilu Bupati Maluku Tenggara yang minus pengawasan dapat mengakibatkan berbagai persoalan ,semisal hasil Pemilu dibatalkan dan kemudian dapat dilakukan Pemilihan Umum ulang,paparnya.
“Jika Pemilu diulang atau ditunda maka yang dirugikan adalah rakyat Maluku Tenggara,seharusnya kondisi ini dapat disikapi oleh semua pihak atau yang lebih berkompeten adalah anggota DPRD Maluku Tenggara sebagai wakil rakyat,sikap Pemerintah Maluku Tenggara,dalam hal ini Bupati Maluku Tenggara,jelas tidak dapat diterima”imbuh Ny.Peilouw.
Ditanya soal berapa besar kemungkinan dibatalkan,Ny.Peilouw menjelaskan bahwa jika dana pengawasan belum terealisasi dalam tempo singkat sementara pentahapan Pemilu sudah berjalan sangat pesat maka 65% kemungkinan Pemilu Bupati Maluku Tenggara dapat ditunda,tandasnya.(bm)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s