Setda Akui,Pemkot Tual Masih Kekurangan SDM


Tual.SDL.28/12/2012. Adanya penilaian miring terhadap Kinerja sejumlah SKPD dalam lingkup Kota Tual,sehingga mengakibatkan rendahnya penyerapan anggaran pada tahun 2012 ,ternyata diakui oleh Sekertaris Daerah Kota Tual, H.AW Rahayaan SH,”Kita kan daerah otonom baru,hingga 4 tahun awal ini Kota Tual masih kekurangan Sumber Daya Manusia yang mumpuni”kata Rahayaan.
Menurut Setda Rahayaan,keterbatasan SDM menjadi salah satu kendala rata-rata daerah otonom baru,”keterbatasan SDM adalah salah satu kendala daerah otonom baru dimana saja”ungkapnya.
Disebut tentang penyerapan anggaran yang tergolong rendah,Rahayaan mengaku bahwa sebenarnya Pemkot/Rakyat Kota Tual sungguh merugi,”silpa Kita 56 Milyar rupiah,jadi sebenarnya dengan tidak terserapnya anggaran secara penuh,Pemkot Tual dan Rakyat sudah rugi karena sejumlah besar dana dikembalikan ke Kas Negara/Daerah,dan tentunya program pelayanan kepada masyarakat juga tidak optimal karena pasti ada program/proyek tertunda pelaksanaanya”imbuh Rahayaan.
Olehnya,Rahayaan sebagai Sekertaris Daerah menyebutkan bahwa pihaknya akan lebih menggenjot kinerja SKPD serta memperbaiki pelaporan penggunaan keuangan daerah pada tahun 2013 untuk lebih baik lagi,”Tahun 2013 harus lebih baik lagi,terutama bagi SKPD yang belum menyusun laporan keuangan secara baik,sebab tentunya pencairan anggaran akan berpengaruh dan terhambat jika pelaporan keuangan buruk”tandasnya .

NAIKAN ANGGARAN PEMBERDAYAAN

Setda Kota Tual,H.AW Rahayaan juga mengungkapkan bahwa pada tahun 2013,Pemkot Tual telah menaikan alokasi anggaran untuk pemberdayaan Masyarakat yang terakomodir pada PNPM dan P2MM,”Tahun 2013 kita naikan alokasi anggaran pemberdayaan hingga 50%,dan semua terakomodir pada PNPM dan P2MM,selain itu alokasi Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) juga mendapat penambahan 20 %,ini menunjukan bahwa pada prinsipnya Pemkot Tual sangat konsisten pada peningkatan kesejahteraan Masyarakat”katanya.
Selain itu,Menurut Rahayaan,alokasi anggaran pemberdayaan masyarakat juga telah diplotkan pada sejumlah dinas teknis melalui program yang sinergis dengan bidang tugas masing-masing,sehingga pada 2013 dapat dikatakan sebagai tahunya Pemberdayaan Masyarakat,ungkapnya.
“Pemkot Tual menargetkan,dengan kenaikan anggaran pemberdayaan di tahun 2013,diharapkan mampu memicu arus ekonomi mikro sehingga dapat memberi perubahan positif pada masyarakat,sebab dengan berbagai program pemberdayaan yang ada di targetkan akan melahirkan lapangan kerja baru masyarakat ,sehingga berimplikasi pada penurunan angka pengangguran dan menekan angka kemiskinan”tandas Rahayaan.(bm)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s