Nekat Berlayar,KLM Tayando Maule Tenggelam


avekuasi korban KLM Tayandomaule DSCN3942Tual.SDL.13/01/2013. Kapal Layar Motor (KLM) Tayando Maule dilaporkan tenggelam dalam perjalananya menuju ke desa Tayando Yamru (12/10/2013. Pkl 15.00 wit).KLM tayando Maule berangkat dari pelabuhan perahu motor Tual (seputaran Pelabuhan fery Tual) pada hari Sabtu (12/01).dengan membawa penumpang sejumlah 25 orang + ABK,selain itu KLM Tayando Maule juga membawa barang muatan berupa Semen,keramik dan beras.
Akibat kejadian naas ini,ditemukan 22 orang dalam kondisi selamat 2 meninggal dunia dan 1 korban lainya masih belum ditemukan.
Evakuasi semua korban tenggelamnya KLM Tayando Maule ini dilakukan oleh satuan Coast guard Kesyahbandaran Pelabuhan Tual,dengan Kapal Patroli Coast Guard KN 334 Badik,sejumlah korban tersebut telah dievakuasi.
Kapten KN 334 Badik,Syahrudin Asis kepada wartawan menjelaskan bahwa berdasarkan perintah dari Kepala Syabandar Tual,yang menerima laporan masyarakat,Pihaknya segera melakukan upaya pencarian terhadap KLM Tayando Maule beserta penumpangnya,”pada hari sabtu,Pkl 04.00 sore,saya mendapat instruksi dari kepala Syahdandar untuk melakukan pencarian korban tenggelam dan seketika itu kami langsung bereaksi ,dan pada pkl 18.30 wit kami langsung menuju kelokasi yang diperkirakan adalah lokasi tenggelam yakni diseputaran Pulau Er-Ngodan”paparnya.
Kendati sudah dalam kondisi kesiagaan penuh,satuan Coas guard Pelabuhan tual mengaku kesulitan melakukan proses pencarian korban,”pada awalnya kami sangat kesulitan melakukan pencarian Korban disebabkan kondisi laut yang sangat tidak bersahabat,saat itu tinggi gelombang diperkirakan 4-5 meter sementara kecepatan angin lebih dari 30 knot,olehnya terpaksa kami kembali ke pangkalan menunggu hingga badai reda,setelah pkl.21.00 (12/01) kami berlindung di pulau Ut,dan pencarian kami lanjutkan kembali pada pkl.05.00 pagi (13/01) dengan tujuan Pulau Er-Ngodan,dan pencarian kami membuahkan hasil dengan kami temukan sejumlah besar penumpang KLM Tayando Maule yang selamat dan juga meninggal terdampar di Pulau Er-Ngodan”paparnya.
“pada pkl 08.30 wit,kami temukan 22 korban selamat,2 meninggal dan 1 korban masih belum ditemukan,informasi yang kami dapatkan dari ABK yang selamat total penumpang ada 25 orang”imbuhnya.
Berdasarkan pantauan,sejumlah korban tersebut kini telah ditangani oleh pihak pihak terkait,sementara untuk korban hilang, Kesyahbandaran Tual telah menugaskan kesatuan Coast guard untuk melakukan pencarian lanjutan,”kami tugaskan Coast Guard untuk melakukan pencarian lanjutan”kata Kepala Syahbandar Tual,H.Izuar.

Berangkat Tanpa Mengantongi Ijin
Kepala syahbandar Pelabuhan Tual,H.Izuar Hamzah kepada wartawan menjelaskan bahwa keberangkatan KLM Tayando Maule tanpa mengantongi ijin berlayar,”KLM Tayando Maule berangkat tanpa mendapat ijin dari Syahbandar,kendati kami sudah melakukan pengumuman melalui media massa selama beberapa hari berturut-turut dan surat edaran bahwa semua pelayaran dihentikan hingga tgl 15 januari karena pada interval waktu ini diperkirakan akan terjadi badai Siklon”paparnya.
“Saya juga mendapat informasi dari keluarga korban,bahwa sebelumnya keluarga sudah melarang untuk berangkat tapi larangan itu tidak diindahkan”imbuhnya.
Terkait dengan kesigapan jajaranya,H.Izuar Hamzah menyebutkan bahwa pada prinsipnya Coast Guard tetap siap jika memang kondisi dalam darurat,” Kami tetap siap,Coast Guard pada prinsipnya selalu siaga,tapi tentunya kami juga mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk sama sama melakukan pelayanan kepada masyarakat”kata Hi.Izuar.
Ditanya tentang peran BADAN SAR NASIONAL (BASARNAS) dalam proses pencarian ini,Hi.Izuar mengaku tidak melihat peran aktif BASARNAS,”Saya tidak melihat ada peran BASARNAS dalam proses pencarian para korban ini”tandasnya.(bm)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s