Derita 16 KK Pengungsi asal ds. Renfaan – Malra MM Tamher,”Kota Tual Siap Ulurkan Bantuan”


Tual.SDL.16/09/2012. Disinyalir karena minimnya perhatian pemerintah Kab.Maluku Tenggara atau bahkan menuju ke sikap apatis,berakibat 16 KK pengungsi asal ds.Renfaan .Kec.Kei Besar Utara Timur.Kab.Maluku Tenggara menyatakan bergabung dan menjadi penduduk Kota Tual.

“Kami nyatakan diri bergabung menjadi penduduk Kota Tual,karena kami merasa selama di dalam pengungsian di wilayah kota Tual,Pemerintah Kab Maluku Tenggara tidak memperhatikan nasib kami”ujar Rudy Omaratan kepada SDL.

Ditanya apakah ia dan keluarga besarnya pernah mendapat bantuan,Rudy mengaku pernah 2 kali mendapat bantuan ransum dari dinas Bencana Alam dan dinas sosial,”Kami baru pernah dibantu oleh Badan Penanggulangan bencana berupa satu paket tas/KK dan juga dinas sosial berupa 1 paket Tas berisi ransum/KK,setelah itu tidak ada”katanya.

Menjelang satu tahun di Kota Tual,diketahui 16 KK tersebut hidup dalam keterbatasan akibat mengungsi meninggalkan desa mereka di Kei besar Utara Timur karena konflik antar keluarga/marga.

Menanggapi  hal ini,Walikota Tual.Drs.H MM Tamher kepada SDL menegaskan bahwa Pemerintah Kota Tual tetap menghargai hak setiap warga Negara yang berdomisili di Kota Tual,”Kita Terbuka,sebab tujuan semua upaya pemerintah bermuara pada peningkatan taraf hidup masyarakat terutama masyarakat didaerah terpencil dan tertinggal,dan jika mereka hendak menjadi warga kota tual maka Itu hak mereka sebagai warga Negara,sebab mereka juga rakyat Indonesia,rakyat Maluku Tenggara,Rakyat orang Kei,oleh sebab itu kita sambut dengan baik”ungkap Tamher.

Disebut tentang keadaan ke 16 KK tersebut,Tamher menyebut akan segera menurunkan bantuanya,”Kita ini walaupun masih daerah otonom baru dan memiliki penganggaran yang terbatas tapi demi Rasa Kemanusiaan kami akan membantu”pungkasnya.(bm)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s