Petani Maluku Tenggara Keluhkan Harga Rumput Laut yang Anjlok


Langgur.SDL.20/09/2011.Petani budi daya rumput laut Kabupaten Maluku Tenggara tak mampu menyembuyikan rasa gusarnya,pasalnya para petani merasa gundah akibat merosotnya harga penjualan rumput laut yang kini sedang terjadi diwilayah ini.
“harga rumput laut merosot tajam,dari Rp.15.000/kg turun menjadi Rp.10.000/kg,dan pada awal bulan agustus lalu hingga kini harga rumput laut kembali mengalami penurunan menjadi Rp.6000/kg-Rp.7000/kg,akibatnya kami juga mengalami kerugian akibat menurunya harga penjualan ini”ungkap Nurdin Renyaan,petani rumput laut asal desa Ibra,kec kei kecil Kab Maluku Tenggara.
Menurut Nurdin,akibat merosotnya harga rumput laut yang kini terjadi,mengakibatkan dirinya dan rekan rekanya seprofesi mengalami kerugian akibat perbandingan biaya produksi budi daya tidak seimbang dengan harga penjualan.
“kami rata rata mengeluarkan biaya ekstra untuk produksi,namun kini semakin terjepit akibat merosotnya harga rumput laut”.imbuhnya.
Akibat kemerosotan harga rumput laut yang turun secara drastis ini,sejumlah petani merasa terancam usaha mereka menjadi bankrut.
Menurut beberapa sumber,merosotnya harga rumput laut ini bisa diakibatkan oleh permainan pedagang pengumpul yang sengaja memainkan harga guna mengeruk keuntungan yang besar,”ini bisa jadi akibat ulah pedagang pengumpul,dan praktek seperti ini memang sering terjadi,tujuan mereka jelas yakni untuk mengeruk keuntungan yang besar,”ungkap sumber.
Menurut sumber,bahwa pada dasarnya tiongkat permintaan pasar akan ketersedianya rumput laut semua jenis di pasaran nasional maupun international sangat tinggi,sehingga kemerosotan harga secara drastis adalah tidak logis,imbuh sumber.
Terkait hal ini,Bupati Maluku Tenggara ,Ir.Anderias Rentanubun kepada SDL,di sela sela acara pelantikan badan pengurus DPD Golkar Kota Tual,di gedung LPTQ Maluku Tenggara,(22/09) menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara telah mengeluarkan aturan tentang standar harga pembelian rumput laut ,sehingga jika ada pembeli yang melakukan pembelian rumput laut dengan harga yang tidak sesuai dengan yang ditetapkan maka pengusaha yang bersangkutan akan mendapatkan sanksi,”Saya sudah mengeluarkan Skep Bupati Maluku Tenggara tentang harga rumput laut,yang intinya pemerintah meberi ruang fluktuasi harga rumput laut adalah dalam kisaran tertinggi adalah Rp.15.000/kg dan kisaran minimum adalah Rp.7500/kg,olehnya jika ada pedagang rumput laut yang melanggar maka Pemerintah Kab Maluku Tenggara akan melakukan teguran keras”tegasnya.
Merosotnya harga rumput laut ini,bukan saja dialami oleh kaum petani rumput laut di Kab.maluku Tenggara saja,melainkan juga dialami oleh petani rumput laut yang berada di Kota Tual.
Atas sinyalemen ini,hingga berita ini diturunkan masih belum didapati keterangan dari pihak pedagang pengumpul tentang sebab musabab turunya harga rumput laut diwilayah ini,namun kaum petani rumput laut berharap sangat sekiranya harga rumput laut dapat stabil sebagai mana sedia kala,mengingat sebagian besar petani rumput laut sudah benar benar mengantungkan hidup mereka dari budi daya rumput laut.(bm)

2 thoughts on “Petani Maluku Tenggara Keluhkan Harga Rumput Laut yang Anjlok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s