DPRD Kota Tual Ultimatum Pemkab Maluku Tenggara


Tual.SDL.06/09/2011.DPRD Kota Tual dalam sidang paripurna yang digelar selasa 06/09/2011.mengambil kata sepakat bahwa Pemkot Tual berhak menerima penyerahan asset daerah dari Kabupaten Maluku Tenggara sebagai kabupaten induk sebagaimana amanat UU no 31 thn 2007,tentang pemekaran Kota Tual.Rapat paripurna DPRD Kota Tual ini diketahui adalah bagian dari serangkaian upaya Pemerintah Kota Tual beserta DPRD Kota Tual dalam menindaklanjuti amanat UU tentang pemekaran Kota Tual.
Sidang paripurna yang digelar tersebut,juga dihadiri oleh Eksekutif Pemkot Tual dalam hal ini yang diwakili oleh Kepala Badan keuangan Daerah Kota Tual,Efendy Renfaan didampingi oleh sejumlah kepala SKPD dalam lingkup Pemkot Tual yang ada hubunganya dengan topik sidang paripurna ini.
Dalam Paripurna DPRD Kota Tual ini,sempat beredar wacana yang berkembang tentang sikap Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara yang dinilai lamban dan bahkan tidak memiliki niat baik dalam upaya merealisasikan penyerahan asset daerah Milik kabupaten Maluku Tenggara yang berada pada wilayah Kota Tual.
“Kita harus desak Pemkot Untuk lakukan upaya paksa”kata La Daka Rahantan S.Ip.wakil rakyat Kota Tual dari partai Demokrat.
Untuk diketahui bahwa hingga saat ini,Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara sebagai kabupaten Induk dari proses pemekaran Kota Tual sebagai daerah otonom yang terpisah dari Kabupaten Maluku Tenggara berdasarkan UU no 31thn 2007,baru menyerahkan sejumlah asset tidak bergerak berupa gedung perkantoran vital dan sejumlah rumah dinas jabatan,sementara untuk asset bergerak Pemkab Maluku Tenggara telah menyerahkan ribuan tenaga pegawai negeri sipil ke Pihak pemkot Tual,selain itu sebagaimana amanat UU no 31 thn 2007 tersebut,Pemkab Maluku Tenggara juga telah menyuplai bantuan dana pembangunan sejumlah Rp.5 milyar/tahun.
Namun penyerahan asset bergerak dan tidak bergerak tersebut dinillai hingga kini masih belum tuntas karena masih ada sejumlah asset daerah Maluku Tenggara yang berada dalam lingkup Pemkot Tual yang belum juga diserahkan secara tuntas,diantaranya adalah Rumah Dinas/jabatan wakil Bupati Maluku Tenggara,Pendopo Bupati Maluku Tenggara,Kantor SKB dan beberapa lainya lagi.
Selain keinginan mendasar dari eksekutif dan legislative Kota Tual ini,didalam Paripurna dewan ini juga disebutkan tentang adanya surat dari Gubernur Maluku No.030/2173,dengan sifat penting dan segera yang berisikan tentang Penyerahan Asset dan Penyelesaian Dana Abadi.
Bahwa dalam salah satu butirnya,surat Gubernur Maluku tersebut menyebutkan agar penyerahan Asset daerah dan penyelesaian dana abadi dari Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara kepada Pemerintah Kota Tual harus selesai pada akhir minggu pertama bulan September.
Terkait hal ini,keterangan yang diberikan oleh Kepala bagian Keuangan daerah Kota Tual,efendy renfaan,bahwa untuk keperluan penyelesaian dana abadi dan penyerahan asset daerah tersebut telah dibentuk tim ferifikasi asset dan penyerahan asset daerah oleh Pemkab Maluku Tenggara,yang diketuai oleh Setda Maluku Tenggara,Ir.P beruatwarin Msc.namun menurut Renfaan,hingga 3 kali pertemuan,Tim tidak berhasil memperoleh kata sepakat akan upaya tersebut.
Di lain sisi,paripurna DPRD Kota Tual bertekad untuk mengeluarkan rekomendasi kepada PEmkot Tual untuk mengambil langkah berani terkait upaya penyelesaian asset daerah tersebut,Dalam salah satu rekomendasinya,Paripurna DPRD Kota Tual setuju untuk melakukan upaya paksa”batas tolerasni adalah tgl 11,jika tidak di indahkan maka Kami minta Pemkot lakukan upaya paksa untuk penyelesaian asset daerah”kata La daka Rahantan. S.Ip. (bm)

Anggota DPRD Kota Tual,dari Partai Demokrat

Dana Abadi dan Penyerahan Asset Daerah

One thought on “DPRD Kota Tual Ultimatum Pemkab Maluku Tenggara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s