Proyek SIM4P POLIKANT – NUFFIC “Siapkan pemberlakuan Standarisasi ISO 9001/2008”


Tual.SDL.30/05/2010.Politeknik Perikanan Negeri Tual (POLIKANT) melalui program pengembangan management pendidikan tinggi vokasi dari Belanda (NUFFIC) ,senin,30/05. Bertempat di aula student centre Polikant ,menyelenggarakan sosialisasi pemberlakuan standarisasi ISO 9001/2008.

Acara ini diikuti oleh seluruh unsure management pendidikan di internal Polikant,dan menghadirkan pembicara dari SAI Global (badan Standar International dari Australia) ,Nur Insani,yang kini menjabat sebagai bussnes development executive SAI global bagian Sulawesi,Maluku dan Papua.

SAI Global sendiri adalah sebuah badan auditor professional bertaraf international (sejenis BSN),yang berkewenangan mengeluarkan sertifikasi ISO 9001 sebagai standar mutu bertaraf international dan diakui dalam kancah Asia pasifik dan Eropa.

Dalam salah satu sesinya,Nur Insani menyebutkan bahwa perlunya standarisasi management pendidikan perguruan tinggi serta berbagai produk yang dihasilkan oleh management pendidikan perguruan tinggi yang bersangkutan tentunya menjadi sebuah tuntutan global yang patut dipenuhi ,sehingga dengan demikian secara spontan akan tercipta sebuah pengakuan secara international tentang kepastian mutu dan kualitas pelayanan serta penyelenggaraan pendidikan dan lulusanya.

Direktur Polikant,DR.rer.nat.Ir.Eugen Renjaan M.sc,saat dijumpai disela sela coffe break,menjelaskan bahwa standarisasi ISO sebenarnya alat pengakuan,sebab denganya maka dunia international mengakui tentang standar mutu yang kini dimiliki oleh Polikant sehingga akan memicu datangnya berbagai jalinan kerjasama bilateral ataupun multilateral antara Polikant dengan dunia international,sebutnya.

Selain itu,Renjaan juga menengarai bahwa dengan penerapan standarisasi ISO 9001 ini maka pada hakekatnya Polikant telah melakukan sebuah revolusi dalam internal system management kependidikanya sesuai dengan standar kendali mutu yang baku secara international,sehingga pada nantinya diharapkan terjadi  input dan output yang positif,yakni Inputnya berupa pendidikan kompetensi ,sedangkan outputnya adalah barang/produk dan hasil kelulusan yang terjamin mutu secara international.Olehnya itu,Renjaan menegaskan bahwa semua sistem management pendidikan Polikant akan dipacu untuk memenuhi standar tersebut,termasuk didalamnya adalah system penerimaan calon mahasiswa baru ,sehingga hanya calon mahasiswa yang memenuhi persyaratan, baik secara intelejensi dan karakter ,yang dapat diterima di Polikant,paparnya.

Penerapan standar ISO 9001 ini,disebutkan oleh Renjaan sebagai sebuah pemicu terjadinya sebuah revolusi menyeluruh pada internal Polikant sehingga akan terbangun sebuah konsekwensi logis pada kinerja semua unit dalam system management Polikant ,diantaranya adalah menciptakan efesiensi biaya operasional,meningkatkan produktifitas kerja,meningkatkan moral karyawan,dan mengurangi strees pada karyawan melalui kerja Tim . Hal hal tersebut dikatakan oleh Renjaan bahwa akan bertumpu pada peningkatan layanan pendidikan,Mutu mahasiswa dan pelanggan eksternal yakni pemakai jasa tenaga lulusan Polikant.

Olehnya,Renjaan menegaskan kembali bahwa penerapan standar ISO 9001 memerlukan sebuah komitment bersama yang tinggi oleh semua system pendidikan,terutama oleh para pembantu direktur (PUDIR) ,dan dirinya sendiri ,sudah berkomitment bahwa semua hal ini terfokus kepada kepuasan pelanggan pemakai tenaga lulusan Polikant,apakah itu dunia industry ataupun lapangan pekerjaan lainya,tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s