Warga Adat Desa Larat Gelar Adat BÉL/PELA Di Utan Tel Timur


Tual.SDL.09/01/2010.Warga adat Ohoi Larat melakukn Adat Bel/Pela di Ratchap Utan tel timur,(minggu 09/01). Tradisi adat Bel/Pela atau ikatan persaudaraan sedarah secara adat bagi warga adat kai adalah sebuah sisi penting dalam kehidupan sosial dan peradaban warga adat kai,selain masih dipercayai kesakralanya,karena mengandung nilai – nilai luhur budaya dan peradaban,Adat bel/pela bagi warga adat Kai juga mampu dijadikan alat pemersatu sesama warga adat.

Dewasa ini,seiring dengan perkembangan jaman yang sangat pesat maka disinyalir juga telah menggerus nilai nilai adat warga Kai,termasuk didalamnya adalah Adat Bel.

Hal ini senada dengan ungkapan yang dinyatakan oleh pemangku adat Ohoi Larat,Al fajar Roroa,”Hubungan Bel/Pela antara Desa Larat dan ratchap Utan Tel timur adalah hubungan yang sangat khusus,jika dibandingkan dengan desa-desa lain di P.kei Kecil dan Kei Besar,dan kedatangan kami hari ini di Desa pela Utan Tel timur adalah semata-mata untuk membangkitkan kembali budaya leluhur yang sudah terbentuk diantara 2 komunitas adat ini”ungkapnya.

Pantauan SDL di lapangan,Acara adat Bel/Pela ini di awali dengan acara penyerahan sirih pinang dan Mas adat oleh Raja Somas,Ohoitahit. Kepada para tetua adat dari desa larat.Kemudian dilanjutkan dengan acara penaikan sirih Pinang/Sum maneran di pusat keramat desa Ohoitahit yakni Ngur Sawe Woma Woud Lauw.Desa ohoitahit.

Salah satu warga adat Desa larat,Dodi Roroa,yang hadir dalam acara tersebut menjelaskan bahwa kehadiran Bel dari Desa larat adalah semata mata untukmenghidupkan kembali nilai-nilai leluhur,sehingga dengan demikian generasi muda antara kedua desa ini dapat mewarisi apa yang sudah di buat oleh leluhur.

Selain itu,roroa juga menyebut tentang keinginan warga adat desa larat untuk meminta sebidang tanah dalam petuanan Utan tel timur guna keperluan pemukiman,”Kami hendak meminta sebidang tanah untuk tempat tinggal bagi warga desa larat di Tual,dan hal ini sudah menjadi kewajiban bagi saudara Bel kami di utan tel timur untuk memenuhi sebab prinsip Perjanjian Bel antara kami memang sudah menggariskan hal yang sedemikian itu,yakni untuk saling tolong menolong “tandasnya.(bm)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s