Desa Tam Produksi 75 Ton Rumput Laut/bulan ,Masih Jauh Dari Perhatian


Tual.SDL.18/10/2010.Walau termasuk dalam wilayah yang terisolir serta terpencil,namun bukan menjadi halangan bagi warga Desa Tam untuk berupaya maju mengejar ketinggalan.
Upaya keras warga desa Tam dalam mengembangkan budi daya rumput laut jenis agar-agar ditengari telah mampu merubah sebagian besar kesejahteraan warganya,serta mendongkrak pertumbuhan ekonomi yang pesat.
Hal ini diakui oleh kepala desa Tam Ngurhir,Afan Letsoin kepada SDL baru-baru ini.Letsoin memaparkan bahwa saat ini warganya sudah mengalami kemajuan pesat dalam bidang ekonomi,”Alhamdulilah,kami dan warga kini semakin membaik berkat budi daya rumput laut”jelasnya.
Lebih jauh letsoin memaparkan bahwa,dalam upaya memperbaiki kesejahteraan ,warganya sudah berupaya secara swadaya untuk mengembangkan budi daya rumput laut selain itu keberhasilan ini pun adalah hasil kemitraan yang terbangun antara warga desa dengan pengusaha lokal yang selama ini melakukan pembelian hasil rumput laut warga
Ditanya perihal dukungan dari pemerintah Kota Tual melalui dinas perikanan dan kelautan,Letsoin menjelaskan bahwa ia dan warganya murni mengembangkan budi daya rumput laut secara swadaya dan mandiri tanpa mengharapkan bantuan dari dinas instansi pemerintah,”Belum,belum ada bantuan apapun,kami masih mruni swadaya sehingga ini adalah kabanggan kami walau tidak diperhatikan namun kami mampu merubah nasib sendiri”.demikian jelasnya.
Hal budi daya rumput laut,Letsoin bahkan berani mengklaim saat ini khusus desa Tam mempunyai nilai produksi rumput laut-agar agar kering adalah diatas 75 ton perbulan,”Untuk saya sendiri,sebulan mampu menimbang 75 ton rumput laut kering,belum lagi penadah lainya”jelas Letsoin.
Menyebut tentang pengembangan budi daya rumput laut agar lebih maju,Letsoin mengharap sekiranya ada pihak swasta yang mau menjadi mitra bagi warga atau semacam bapak angkat sehingga warga desa Tam mampu meningkatkan produksi rumput laut,”Kami inginkan pengembangan dalam budi daya ini,minimal ada peningkatan angka produksi namun juga harus setimpal dengan harga yang stabil sehingga warga akan semakin mampu berdikari diatas upaya sendiri,”tandasnya.

2 thoughts on “Desa Tam Produksi 75 Ton Rumput Laut/bulan ,Masih Jauh Dari Perhatian

  1. Pemerintah kota tual saat ini buta mengingat janji yang pernah di janjikan utk warga desa tam namun tdk ada bukti sesuai janji yang pernah mereka ucapakan.
    Dan pemerinta kota tual tdk pernah sadari justuru tam jg membawa damp besar terhadap kemajuan kota tual.

    Balas
    • hahaha…..
      ya.. kontribusi desa tam terhadap kota tual cukup besar, namun itulah fakta bahwasanya desa tam kurang diperhatikan. tapi itu akan menjadi motivasi besar bagi kita para generasi penerus desatam untuk lebih giat belajar dan berusaha untuk kemajuan desa tam yang lebih memukau.
      Hidup desa Tam….!!

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s