Korupsi Bulog Tual. Ridwan Tawainela dituntut 4,6 tahun Penjara,Denda Rp.50.000.000,- dan Sita Harta senilai Rp.3.439.394.624,-


Tual.SDL.01/10/2010.Perkara Korupsi beras Bulog Tual yang melibatkan Mantan kepala gudang Bulog Sub Diver II Tual,Ridwan Tawainela senin(01/10) telah memasuki tahap pembacaan tuntutan.
Sidang yang dipimpin oleh ketua Majelis Hakim,Hendri Tobing SH didampingi oleh hakim anggota Betsy Matuanakota SH dan ,dengan jaksa Penuntut Umum Hendrik.S. SH dan Andi Usama SH.sementara terdakwa Ridan Tawainela didampingi oleh 2 kuasa hukumnya A.Matdoan SH dan M.Leisubun SH.
Dalam sidang pembacaan tuntutan tersebut,Tawainela dianggap secara sah dan meyakinkan telah melakukan serangkaian Tindak Pidana Korupsi berupa penyalahgunaan wewenang sebagai kepala Gudang Dolog Tual dengan menjual dan atau meminjamkan beras milik Perum Bulog kepada orang lain,untuk kepentingan pribadi dan orang lain sehingga telah mengakibatkan kerugian Negara sejumlah hampir Rp 3,5 Milyar Rupiah.
Dalam tuntutanya,JPU meminta kepada majelis hakim menjatuhkan hukuman kepada terdakwa berupa pidana penjara selama 4.6 tahun dipotong masa tahanan,pidana denda sebesar Rp 50.000.000,- dan ganti rugi keuangan Negara berupa sita kekayaan sejumlah Rp.3.439.394.624,-.
JPU juga menyebutkan bahwa selama dalam proses perkara ini,terdakwa selalu mempermudah pemeriksaan dan tidak berbelit-belit serta telah melakukan penyetoran sebagian kerugian keuangan Negara melalui 3 buah sertifikat tanah,2 unit mobil dan pemotongan penghasilan/gaji semenjak bulan Desember 2009.Hal-hal tersebut adalah pertimbangan jaksa yang dapat meringakan hukuman.

Pasang Badan

Pasca sidang pembacaan tuntutan tersebut,saat dikonfirmasi SDL, Ridwan mengaku sudah pasrah terhadap apa yang bakal berlaku terhadap dirinya,ditanya tentang sejumlah nama yang diketahui berdasarkan fakta persidangan telah turut menikmati bahkan menfasilitasi dan memberi dorongan terhadap dirinya dalam melakukan Tindak Pidana Korupsi Beras Dolog Tual,”Saya ini sudah pasrah,biarlah orang lain mengambil kemanfaatan dari saya dan kini sebagian mereka sudah sukses,tidak apa-apa,nanti Tuhan pasti akan melihat mereka”keluhnya seraya berjalan menuju mobil tahanan Kejaksaan Negeri Tual untuk sela njutnya dibawa oleh petugas ke Lapas Tual.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s