PT Bandar Nelayan Telantarkan puluhan orang Tenaga Kerjanya.


Tual.SDL.10/09/2012. Sebuah perusahaan yang bergerak dibidang kelautan dan perikanan,PT Bandar Nelayan yang mengoperasikan kapal kapal pencari cumi diperairan Arafura kab.Kep Aru diketahui telah menelantarkan puluhan orang tenaga kerjanya.

Kenyataan ini didapati setelah didengar langsung pengakuan sejumlah karyawan PT Bandar Nelayan yang sempat meminta bantuan berupa akomodasi kepulangan mereka ke tempat asal, di kantor syahbandar pelabuhan Tual.

“Kami ditelantarkan oleh kapal tempat kami bekerja,boleh dikata kami ditinggal lari dipelabuhan dobo”kata Bajuri kepada SDL.

Bajuri,21 thn,dan kawan kawan lainya mengaku sangat tersiksa ketika bekerja di kapal pencari cumi-cumi itu,”Kami sangat tersiksa,kami hanya dapat makan 1 kali sehari akibatnya saya dan teman teman menderita sakit semua,akhirnya kami tidak betah dan terpaksa turun kapal,tapi oleh pengurus PT Bandar Nelayan di Dobo,kami tidak di perhatikan secara baik”katanya.

Selain ia dan 9 kawanya,Bajuri mengaku masih banyak puluhan lainya rekan rekan karyawanya yang ditelantarkan.”Masih ada puluhan lainya di kota dobo dalam keadaan terlantar,sementara puluhan lainya sudah pulang,dan dalam keadaan menderita”katanya.

Ketika ditanya tentang kondisi di kapal PT Bandar Nelayan itu,Bajuri menjelaskan bahwa dikapal tersebut tidak ada perwira kapal yang berasal dari WNI,”Perwira kapal semuanya dari cina,tidak ada WNI”jelasnya.

Kapal-kapal PT Bandar Nelayan ini diduga adalah kapal kapal mafia yang sering melakukan kegiatan illegal fishing serta illegal rekutment tenaga kerja local,buktinya kapal kapal PT Bandar Nelayan tak memiliki perwira WNI,diduga karena menghindari pengawasan ketika mereka melakukan aksi ilegalnya.Selain itu,Bajuri mengakui bahwa ia dan teman temanya tidak menanda tangani dokumen apapun semasa ia pertama bekerja,”kami tidak menanada tangani kontrak kerja (outsuorching) atau perjanjian apapun,olehnya PT Bandar Nelayan bias seenaknya meberhentikan,dan menelantarkan kami,selayaknya kami ini binatang saja”jelas bajuri.

Kini,ia dan kawan kawanya akan kembali ke kampung halaman mereka di kab.Cirebon,”Kami semua akan pulang ke cirebon ,sebab kami tak bias berada dalam kondisi terlantar begini”tandas Bajuri.(bm)(kejahatan pengusaha)

About these ads

21 thoughts on “PT Bandar Nelayan Telantarkan puluhan orang Tenaga Kerjanya.

  1. tolong pak beri kabar ke pada kami, soalnya sekulrga kami sangat mengkhawatirkan kakak saya yg bernama “ADE HERNAWAN” dari cirebon. saya minta no tlp yg bisa saya hubungi. tentang kedaannya disna. kakak saya sudah hampir setengah tahun soalnya tidak ada kabar sama se kali, klo memang ada, tolong beritahu hubungi no tlp saya di 0813-1054-0417.
    saya mohon pak bantu kami… terima kasih. (susi)

    Balas
  2. tlng kash kbar tentang SUTIJA DARI CIREBON kami keluarga di sini menghawirkan kabarnya,karna belum ada kbar
    tlng hub saya d no 089699263120

    Balas
  3. Tolong beri kabar bila ada yg namanya sodir dan jejen dari kec.pabuaran kab.cirebon , kami sekeluarga sangat mengkhawatirkannya. Hub. Kami ke no.085323937956 atau 081946812961 dan 082111120062. Terimakasih apabila ana memberikan kabar ke kami sekeluarga

    Balas
    • Untuk saat ini saya infokan kepada sdr2 yang mempunyai keluarga yang bekerja sebagai ABK di Kapal PT bandar Nelayan,bahwa mereka saat ini beroperasi di perairan laut arafura dan berpos di pelabuhan Kota Dobo Kab P Aru.Maluku

      Balas
  4. gimana km bandar kelayan.adik saya di sana apa kabar nya yg bernama riko santoso.
    sudah hampir 13 bulan masih blm ada kabar.saya mengawatirkan keadan di ya.
    ..tolng hubungi no keluwarga nya 087718880850…tau no pt nya.. kumohon secepat nya .info nya aku tung ..bai .

    Balas
  5. tolong semua yang ada di atas diperhatikan oleh pihak yang berkompeten dalam bidang kelautan.dulu saya jg dr perusahaan ini memang seharusnya ada pengawasan yang lebih ketat.saya.saya dulu kerja di pt.bandar nelayan dgn masa kerja 4 tahun sebagai teknisi hanya mendapatkan kompensasi 350 rb aj,sungguh tidak manusiawi.terimakasih atas perhatiaan dr pihak terkait

    Balas
  6. Dengan hormat bagian kantor tolong kasih kabar tentang suami saya dari cirebon atas nama nandar iskandar dan hubungi kami ke no 0857958101961 karena sudah 6 bulan tidak ada kabarnya.tolong di perhatikan nasib karyawan dan keluarga yang di tinggalkan. terimakasih

    Balas
  7. minta tolong kasi kabar. kakak saya yang bernama Jaka Jatmika sudah hampi 7 bulan belum ada kabar beritanya. hub sy Tasya 08562545358

    Balas
  8. tolong info nya dr pihak pt.bndr nelayan tentang kabar abk yg brnama andi adhani,rian gunawan ,fery.dr sinapeul kec.sindang wangi majalengka.tlong info k no 085603074418,087723528221,085722789026.tolong banget kasih informasi dr pihak pt.,soalnya udah 7 bulan tidak ada kabar.

    Balas
  9. Warga Kel. Ciwalen ( 12 orang) dan 1 orang Warga Kel Kota Kulon Kec Garut Kota juga sudah 2 bulan kerja di PT Bandar nelayan, menurut info yang diterima keluarganya juga ditelantarkan, minum pun air laut. Keluarganya sudah minta bantuan Bupati Garut.

    Balas
  10. tolong bagi pihak PT atau pemerintah yang bersangkutan untuk d perhatikan,bahwa keluarga kami 10 orang dari 4 kk dari garut jln A Yani gng ciwalen, telah di telantarkan oleh PT BANDAR NELAYAN dan sekarang pihak keluarga dari garut tidak tau keberadaan mereka, kami mohon perhatian dan pertolongannya

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s